About this blog...

..terinspirasi masterpiece Prof DR Mubyarto (1938-2005) berjudul A Development Manifesto. Dalam risetnya, krisis moneter hanya berdampak kecil dalam perekonomian nasional. Di luar Jawa, ekonomi hanya kontraksi -1,9%. Sedangkan Jawa, sebagai laboratorium teknokrasi ekonomi mengalami -13,4% kontraksi. Selebihnya blog ini catatan perjalanan saja. Santai..

STEPS TO FREEDOM

1. Giat melaksanakan Amanat Penderitaan Rakyat 2. Dapat dipercaya, bersusila, dan berbudi luhur 3. Hemat cermat dan bersahaja 4. Pantang putus asa dalam menanggulangi kesukaran 5. Berjuang dengan rasa tanggung jawab dan gembira bisa berguna

Aplikasi 1721 A2 & SPT Tahunan PNS 2013

Setelah sekian lama, akhirnya pemerintah memutakhirkan PTKP (penghasilan tidak kena pajak). Semenjahttp://www.4shared.com/zip/gkhtODIM/1721_2013_V_PNS.htmlk UU KUP 2009, warga sipil sebagai wajib pajak akhirnya mendapat tambahan jumlah PTKP. Apabila tahun 2009 sampai dengan tahun 2011, PTKP dengan status TK/0 (tidak kawin dengan jumlah orang yang secara ekonomis dan legal ditanggung biaya hidupnya adalah 0/tidak ada) adalah sejumlah Rp.15.840.000, pada tahun 2012 jumlahnya naik menjadi Rp.24.300.000. Ini berarti jumlahnya naik signifikan Rp.8.460.000. Sekalipun jumlahnya masih jauh dari harapan para pembayar pajak (kelas ekonomi menengah atas) namun bisa dibilang negara sudah optimal. 
Ini berarti pada tahun 2012 untuk satu individu dalam setiap bulannya, negara memberikan hak kepada warga sipil/pembayar pajak atas penghasilan kotornya sebesar sama dengan atau kurang dari Rp 2.025.000 tidak dipajaki. Jumlahnya sama dengan Rp.67.500 perhari atau US$ 7 perday. Sementara pada tahun 2011 World Bank mencatat pendapatan nasional bruto perkapita Indonesia adalah US$ 2.940 (pertahun) atau kurang lebih US$ 8 perhari.


 
Data from World Bank
Trend pasca reformasi menunjukkan bahwa PDB semakin naik, namun tax ratio (pendapatan pajak dibanding GDP) cenderung semakin turun. Namun demikian, posting ini tidak akan membahas lebih jauh perihal tersebut. Posting ini hanya ingin mempersembahkan kepada pembaca sebuah tools yang akan mempermudah dan memberikan waktu luang yang lebih banyak bagi pegawai dan para bendaharawan pemerintah agar tidak direpotkan dengan tetek bengek pembuatan bukti potong PPh Pasal 21 bagi PNS dan TNI/POLRI. Sebab waktu luang sangat berharga bagi kemerdekaan Anda dan keluarga. Selamat mencoba Aplikasi A-2 dan SPT Tahunan yang sudah dimutakhirkan dengan PTKP 2013. Isi dan materi diluar tanggung jawab kami.

Download disini

0 comments:

Posting Komentar



 

college campus lawn

wires in front of sky

aerial perspective

clouds

clouds over the highway

apartment for rent

hitsniffer

Template Modified and Brought to you by : Adii and ekonomirakyat.blogspot.com blogger templates