About this blog...

..terinspirasi masterpiece Prof DR Mubyarto (1938-2005) berjudul A Development Manifesto. Dalam risetnya, krisis moneter hanya berdampak kecil dalam perekonomian nasional. Di luar Jawa, ekonomi hanya kontraksi -1,9%. Sedangkan Jawa, sebagai laboratorium teknokrasi ekonomi mengalami -13,4% kontraksi. Selebihnya blog ini catatan perjalanan saja. Santai..

STEPS TO FREEDOM

1. Giat melaksanakan Amanat Penderitaan Rakyat 2. Dapat dipercaya, bersusila, dan berbudi luhur 3. Hemat cermat dan bersahaja 4. Pantang putus asa dalam menanggulangi kesukaran 5. Berjuang dengan rasa tanggung jawab dan gembira bisa berguna

Self Assestment "Rawan" Tax Aviation?

Wartawan Radar Bali seperti bisa dilihat di posting sebelumnya, rupanya punya kekhawatiran berlebih pada sistem self assestment. Apakah Direktorat Jenderal Pajak sejak masa Reformasi Perpajakan 1984 tidak sampai berpikir jauh mengantisipasi akibat self assestment system? Sistem ini artinya Wajib Pajak (WP) diberi kepercayaan (penuh) untuk menghitung, memperhitungkan, menyetor dan melapor pajaknya sendiri. Bahwa kehadiran sistem ini sudah niscaya, kita tidak perdebatkan, tapi bagaimana jalannya sistem ini kita buka lebar-lebar pintu dialog.

Kalau sistem ini mengkhawatirkan kenapa sejak Reformasi Perpajakan, penerimaan pajak secara nasional meningkat 10.000% (sepuluh ribu persen) dan meningkat sekitar 30050% tiap tahun? Ada sekitar 35.000 pegawai pajak yang tersebar diseantero Indonesia, sedangkan Wajib Pajak yang terdaftar dan patuh ada 3 juta Wajib Pajak. Angka tiga juta kan hanya berarti cuma 12% penduduk Indonesia (subjek pajak).

Jadi sebagai sistem yang mengkhawatirkan, ia tetap mesin uang yang efisien dan ekonomis. Dan satu lagi, tegaknya finansial Negara Kesatuan Republik Indonesia ini rupanya dibiayai oleh 12% orang Indonesia yang menghitung, memperhitungkan, membayar, dan melaporkan pajaknya sendiri. Bravo!

0 comments:

Posting Komentar



 

college campus lawn

wires in front of sky

aerial perspective

clouds

clouds over the highway

apartment for rent

hitsniffer

Template Modified and Brought to you by : Adii and ekonomirakyat.blogspot.com blogger templates