About this blog...

..terinspirasi masterpiece Prof DR Mubyarto (1938-2005) berjudul A Development Manifesto. Dalam risetnya, krisis moneter hanya berdampak kecil dalam perekonomian nasional. Di luar Jawa, ekonomi hanya kontraksi -1,9%. Sedangkan Jawa, sebagai laboratorium teknokrasi ekonomi mengalami -13,4% kontraksi. Selebihnya blog ini catatan perjalanan saja. Santai..

STEPS TO FREEDOM

1. Giat melaksanakan Amanat Penderitaan Rakyat 2. Dapat dipercaya, bersusila, dan berbudi luhur 3. Hemat cermat dan bersahaja 4. Pantang putus asa dalam menanggulangi kesukaran 5. Berjuang dengan rasa tanggung jawab dan gembira bisa berguna

Membangun Bali: Menggugat pembangunan di Bali untuk orang Jakarta melalui jalur pariwisata

Membangun Bali: Menggugat pembangunan di Bali untuk orang Jakarta melalui jalur pariwisata Membangun Bali: Menggugat pembangunan di Bali untuk orang Jakarta melalui jalur pariwisata by Nyoman S Pendit


My review


rating: 3 of 5 stars
Sejak membaca buku ini, saya teringat cerita rekan sekerja saya yang melaporkan kejadian pelarangan warga muslim berangkat ke Masjid untuk menunaikan kewajiban Shalat Jum'at karena kebetulan Nyepi 2008 jatuh pada hari Jumat.



Pada saat yang sama, di tempat saya tinggal tidak ada pelarangan kepada warga Muslim oleh warga setempat. Rekan sekerja saya mementahkan saya dengan sangkalannya bahwa karena Masjid dimana saya tinggal merupakan komplek TNI Angkatan Darat, jadi warga lokal takut sama pelor dan bayonetnya.



Buku ini seharusnya wajib baca bagi warga Bali tidak peduli apa agamanya, kastanya dan di mana dilahirkan karena setiap orang yang tinggal di Bali wajib "memberi" kepada Bali. Tak hanya "meminta". Rendah tingginya martabat dan kehormatan seseorang di Bali bukan dinilai dari kasta dan kekayaannya melainkan dari bhakti dan swadarmanya kepada bumi dan manusia Bali. Pastinya prasangka baik terhadap Nyepi sudah melanda saya. Trims pak Nyoman.



Sekali lagi, Nyoman S pendit adalah evolusi Gandhi!


View all my reviews.

0 comments:

Posting Komentar



 

college campus lawn

wires in front of sky

aerial perspective

clouds

clouds over the highway

apartment for rent

hitsniffer

Template Modified and Brought to you by : Adii and ekonomirakyat.blogspot.com blogger templates